Senin, 12 Oktober 2015

JT 121015 : Takdir “El Faro” Tenggelam

Sebab-sebab kecelakaan yang menimpa kapal barang “El Faro” hingga saat ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Kapal berbendera Amrik dan memiliki kapasitas 1.200 TEUs itu, kini masih dalam status hilang saat badai Joaquin mengamuk – demikian menurut kantor berita Reuters.

Perhitungan kapten kapal saat itu, tetap ingin menerabas amukan badai dengan kecepatan penuh namun kemudian malah menghadapi masalah kerusakan mesin. Pengamat bisa menilai langkah tersebut sebagai tindakan “nekad”.

Kapten Michael Davidson adalah kapten berpengalaman dan menurut rekan-rekannya, hidup dan matinya nyaris diatas kapal serta berbau laut gitu deh. Juru bicara pemilik kapal, Tote Inc. menolak berkomentar.

Namun kasus ini tengah diselidiki oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board / NTSB), dan saat ini tengah mengajukan sejumlah pertanyaan terkait tenggelamnya kapal tersebut.

Kontak terakhir El Faro, yaitu tanggal 01/10 saat kapal mengalami gangguan propulsi namun tidak disebutkan sebab-sebabnya. Dalam kapal tersebut, ikut serta pula 5 (lima) siswa lulusan Maine Marine Academy yang dikabarkan hilang hingga saat ini.

Lokasi tepatnya masih blon ditemukan tetapi analisis diatas masih mereka-reka kejadian sebenarnya berdasarkan data yang ada serta merujuk sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh NTSB diatas.

Ikut berduka cita dan semoga cepat usai dan klo bisa diketemukan bangkai kapalnya. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 081015 : “El Faro” Hilang Di Kep. Bahama.


Sumber : Dari Sana-sini / Ilustrasi : Daily Mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar