Minggu, 31 Mei 2015

JT 310515 : Kabar-Kabari Tol Laut

Sampai mana ya perkembangan tol laut ? Berikut ini salah satunya.

Sudah hampir sebulan lewat, kapal tol laut (begitu penobatannya) yang melayani angkutan truk barang dari Lampung ke Surabaya, diresmikan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Harry Boediarto menerangkan kapal tersebut berhasil melayari rute Lampung-Surabaya. Lantas volumenya ? Nah ini dia problemnya.

Evaluasi awal, waktu tempuh dinilai bisa lebih singkat serta harga kompetitif daripada membawa barang dengan truk lewat darat. Selain itu, truk bisa berputar 'door to door' (DTD) di daerah tujuan dan keberangkatan untuk membawa barang. Kabarnya sih muatan lumayan cuma berapa satuannya gak disebutin.

Yang disampaikan baru angka pembanding. Bila truk barang lewat darat bisa dicapai dalam 4 (empat) hari. Tapi lewat kapal laut hanya 40 jam. Demikian disampaikan oleh Harry saat diskusi 'Short Sea Shipping' di Menara Kadin, Jakarta, Rabu 27/05.

Pada tgl 06/05, telah diluncurkan kapal perdana 'tol laut' yang melayani angkutan truk barang dari Pelabuhan Panjang Lampung-Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal ini diberi nama "Mutiara Persada III" (MP III) berbobot 15.000 dwt, bisa mengangkut 200 truk barang.

Perusahaan pelayaran swasta yang mengoperasikan MP III, "PT Atosim Lampung Pelayaran" (ALP) dan mengoperasikan kapal Roll on-Roll off (RoRo) pengangkut truk barang berbasis transportasi laut. Kapal ini melayani 3 (tiga) kali layanan selama sepekan untuk rute Lampung-Surabaya pergi-pulang (pp).

Saat pengoperasian di hari pertama peluncuran kapal ini, mengangkut 38 kendaraan mobil dari Lampung-Surabaya, kemudian pada saat balik kapal hanya mengangkut 11 kendaraan. Itu aja. Semoga bisa bertahan dan memberikan pilihan bagi Customer.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar