Jumat, 08 Mei 2015

JT 080515 : Perjalanan KA Lumpuh Akibat Lumpur Lapindo

Lagi, kesengsaraan demi kesengsaraan dialami masyarakat. Setelah tempo hari rumah dan bisnisnya hancur lebur karena dampak luapan lumpur Lapindo, kini area yang terpengaruh yaitu moda transportasi, baik bus, truk dan kereta api (KA), khususnya yang lewati Porong.

Untuk moda KA penumpang, sebanyak 20 dari 44 perjalanan KA melalui rel KA Porong terganggu. Minggu lalu, rel KA Porong baru bisa dilalui sekitar pukul 13.30 WIB setelah sebelumnya terendam banjir dan rel berhasil diangkat hingga 10 cm. Saat banjir, rel KA terendam hingga 21cm dan demi alasan keselamatan, tidak dimungkinkan KA beroperasi.

Kereta pertama yang melintas KA Logawa jurusan Jember – Purwokerto dengan kecepatan 5 km/jam dari kecepatan normal 80 km/jam. Setelah dikerahkan pompa penyedot air, genangan surut, tetapi ketinggian air masih 17 cm.

Akibat hal ini, ratusan penumpang KA di Stasiun Malang dengan tujuan Jakarta, Jumat minggu lalu, terpaksa diangkut menuju Surabaya menggunakan bus. Tetap aja dampak lumpu Lapindo klo gak ditangani serius bisa runyem.

Semoga segera pulih. Ujian menjelang bulan Puasa memang banyak. Berdo'alah dan semoga mancarli.

Sumber : Kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar