Sabtu, 30 Mei 2015

JT 300515 : Swastanisasi Pelabuhan Israel Diprotes



Siapa yang menentang ? Ya siapa lagi kalo bukan pihak yang bakal jadi bulan-bulanan nanti. Kabarnya serikat buruh pelabuhan di Israel menentang keras masuknya pengelola asing di tanah Yahudi karena mereka bisa mengatasinya.

Bener nih ? Pemerintah Israel telah membuat perhitungan jeli dan rasanya gak mungkin orang sepelit mereka dengan mudah menyerahkan konsesi kepada pihak asing, tanpa kalkulasi yang cermat. Serikat pekerjanya bisa jadi kurang gaul disono ato pura-pura gak tahu ?.

Sebagaimana dikabarkan, serikat pekerja di 2 (dua) pelabuhan besar Israel : Ashdod dan Haifa mengajukan  protes via pengadilan tenaga kerja. Merek amemprotes masuknya SIPG (Shanghai International Port Group) ke Haifa dan TIL (Terminal International Ltd milik MSC) ke Ashdod.

Maksudnya pemerintah, dengan masuknya 2 (dua) investor tadi, akan meringankan beban pemerintah membiayai proyek infrastruktur berbiaya gede bingitz. Aksi demo tersebut, kabarnya dikendalikan dibawah tanah dan masih sulit dikenali siapa provokatornya.

Federasi Buruh Histadrut (serikat pekerja setempat) sudah menyerukan agar para buruh bekerja seperti biasa. Namun  hingga sejauh ini, belum ada konfirmasi lebih lanjut. Dipatuhi ato dilanggar. Just wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar