Rabu, 13 Mei 2015

JT 130515 : Gempa Susulan Di Nepal

Ini adalah kali kedua gempa bumi dahsyat melanda Nepal, setelah sebelumnya gempa bumi pertama terjadi tgl 25/04. Artinya blon sebulan tetapi rentetan gempa bumi meluluhlantakkan perkampungan di negeri mungil tersebut.

Sebuah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang wilayah utara timur Nepal. Badan Survei Geologi Amrik (USGS) mencatat gempa tersebut terjadi pada kedalaman 19 kilometer dan berjarak sejauh 68 kilometer dari sebelah barat Namche Bazar, dekat base camp pendaki Everest.

Padahal otoritas negara itu mulai menyiapkan skema rekonstruksi. Komisi Perencanaan Nasional (National Planning Commission/NPC) Nepal sedang menyusun rencana rekonstruksi dan rehabilitasi yang akan segera disampaikan kepada pemerintah dan komunitas internasional.

Gempa dahsyat yang terjadi tgl 12/05 ini, membuat panik warga ibukota Nepal di Kathmandu, berlarian keluar rumah dan toko.  Gempa ini tak hanya dirasakan warga Nepal, tetapi warga di New Delhi, India pun merasakan guncangannya.

Ngga disebutin secara jelas jumlah korban gempa kedua ini namun karena nyaris sama-sama dahsyatnya, diperkirakan memakan korban ribuan jiwa kembali. Detilnya menyusul aja ya. Yang penting uluran tangan bagi Nepal dulu deh.

Bantuan kemanusiaan sangat diharapkan untuk meringankan beban rakyat Nepal yang tengah berupaya mengevakuasi dan membersihkan puing-puing akibat gempa pertama, kini dihujani lagi dengan gempa susulan.

Ikut prihatin. Gempa pertama yang pertama melanda Nepal, silahkan baca JT 260415 : Gempa Dahsyat Landa Nepal.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar