Jumat, 29 Mei 2015

JT 290515 : Angkutan Motis Lebaran


Ritual mudik, bagi mayoritas penduduk Indonesia kayaknya sudah harga mati. Bila dikonversi ke persentase, bisa jadi minimal 90 (sembilanpuluh) persen dipastikan mudik.

Tahun ini, ritual mudik pun sudah diprediksi rame, setidaknya via indikator utama : ludesnya tiket kereta api (KA), baik ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Hanya sedikit saja yang tersisa. Entah untuk tiket pesawat terbang ato bus ato bahkan kapal laut. Jarang diekspos, tahu-tahu habis juga he he he.

Repotnya, yang mudik gak cuma penumpangnya tapi juga kendaraan (terutama motor) dengan alasan untuk mobilitas selama mudik. Maklum, kendaraan di kampung selama mudik pun banyak disewa jadi harus diantisipasi bila berniat keliling kota tuh.

Mengingat mudik dengan kendaraan motor : untuk jarak jauh dan sangat riskan bagi pengemudi karena butuh stamina prima disamping konsentrasi. Pemerintah berniat mengurangi pula kepadatan dan kecelakaan yang sering terjadi, dengan menyediakan angkutan (salah satunya) motor gratis (motis) via KA.

Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), rencananya menyiapkan kuota 12 ribu motor pemudik bolak-balik. Pendaftaran akan mulai dibuka pada 01/06/2015 nanti. Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) J.A. Barata menyampaikan, pendaftaran dapat dilakukan melalui online maupun langsung.

Untuk online, para pemudik yang ingin berpartisipasi dapat mengunjungi laman mudikgratis.dephub.go.id.

Sementara, untuk pendaftaran langsung dapat mendatangi kantor Kemenhub di Jakarta Pusat. Dalam 1 gerbong diperkirakan bisa menampung 40 unit motor dan melayani rute utara maupun selatan.

Tahun ini, kuota yang disediakan untuk pengangkutan motor dengan KA sebanyak 4.000 motor. Itu angka untuk tujuan berangkat dan kembali, ya sekitar 4.000 motor juga. Pihak PT KAI kabarnya sudah menyiapkan 20 gerbong - demikian ujar VP PR PT KAI Agus Komarudin.

Cuma detilnya, untuk tujuan mana, nah ini yang masih penasaran. Mending buka website-nya Kemenhub diatas tadi ya. Daftar untuk kiriman motis yuuuk. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar