Sabtu, 09 Mei 2015

JT 090515 : "OOCL" Susul Order Kapal Gede

Heran bin ajaib. Itulah industri pelayaran global. Di saat susah begini, logikanya sibuk berhemat, ehh kenyataannya malah aksi gila membangun kekuatan armada kapal yang sangat luar biasa !

Gimana gak disebut luar biasa klo harga kapal per unitnya saja sudah mencapai ratusan juta Dollar. Bila di-kurs-kan dalam rupiah, mirip deh tentara sedang berbaris alias panjaaaang bingitz.

Kabar terkini menyangkut konstruksi kapal-kapal gede diatas 10.000 TEUs dapat disimak sbb:

Juragan kapal "Seaspan Corporation", baru saja menerima kapal terbarunya dan langsung disewa oleh pelayaran Jepang, yakni "MOL Beacon" (10.000 TEUs). Kapal anyar ini hasil besutan galangan kapal Tiongkok, Jiangsu Yangzi Xinfu Shipbuilding Co. Ltd.

Selanjutnya, "Mediterranean Shipping Company" (MSC) belon lama juga menerima kapal "MSC Oliver" (19,224-TEUs) yang merupakan kapal ke-2 di Olympic Series. Kakak seperguruan MSC Oscar dilepas dari galangan sekitar Januari lalu dan saat ini kapal tipe ini merupakan yang terbesar di dunia.

Mendengar pelayaran lain membuat riuh rendah dunia kemaritiman, "OOCL" akhirnya terjun meramaikan bursa. Kabar terakhir menyebutkan bahwa pihaknya berniat memesan 6 x 20.000 TEUs dari galangan "Samsung Heavy Industries" (SHI) senilai USD 951,6 juta ato hampir USD 1M. Gileee.

Awal April lalu, pihak induk OOIL menyampaikan bahwa konstruksi kapal barunya ini menggunakan dana pinjaman 70 persen dan sisanya menggunakan kas internal perusahaan. Jadual pengiriman biasanya 1-2 tahun kemuka - itu juga klo sikon perekonomian lancar. Bila memble, ada opsi ditunda 6-12 bulan loh.

Congrats !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar