Minggu, 17 Mei 2015

JT 170515 : Stasiun KA Jabodetabek Dikembangkan

Peningkatan penumpang kereta api (KA) yang biasa menggunakan kereta rel listrik / KRL ato commuter line / CL memang luar biasa drastis. Bayangin aja, dalam kurun setahun ini, pertumbuhan penumpang KRL mencapai 75 persen.

Gilenya lagi, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, rata-rata pengguna KRL di bulan Mei 2014 sekitar 600.000 penumpang tapi Mei 2015 bisa mendekati angka 800.000 penumpang, bahkan pernah tembus angka 830.000 penumpang.

Hal tsb disampaikan Menhub saat meninjau pengembangan Stasiun Palmerah. Melihat kenyataan tsb, mantan orang nomor satu di PT KAI menyatakan akan mengembangkan kapasitas stasiun di lintas Tangerang agar daya tampungnya lebih memadai serta menyiapkan kantung baru untuk mengakomodir pertumbuhan tsb.

Tiga stasiun lain yang diprioritaskan direnovasi yaitu Kebayoran, Parungpanjang dan Maja. Jonan melihat kondisi Stasiun Palmerah hari Sabtu 16/05 kemarin. Kapasitas meningkat hampir 2x lipat dan dibuat 2 tingkat, stasun bagian atas luasnya 2.520 meter persegi dan di bagian bawahnya 1.500 meter persegi. Kapasitas tampung 6.666 penumpang.

Lebih jauh, Dirjenka Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko mengatakan, 3 (tiga) stasiun di lintas Tangerang juga akan segera dioperasikan untuk melayani penumpang KRL pada tahun ini. Ketiga stasiun itu adalah Taman Kota, Grogol, dan Tanah Tinggi.

Tooooop. Memang sudah waktunya koq, jadi - Just Do It ! Semoga mancarli ya. Jangan lupa, kenyamanan juga diperhatikan dan minimalisir jadual KRL yang sering telat. Ocre ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar