Sabtu, 16 Mei 2015

JT 160515 : “Evergreen” Buka Layanan Tiongkok-Surabaya

Mulai tgl 20/05, pelayaran “Evergreen” mendeklarasikan bakal mengoperasikan servis langsung dari Tiongkok – Surabaya. Nama servisnya keres : China Surabaya Express alias CSX, mirip nama operator kereta api swasta di Amrik sono.

Sendiriankah ? Ternyata tidak ! Evergreen menggandeng 2 (dua) pelayaran di negeri Panda yaitu COSCO dan CSCL. Apalagi kalo bukan karena adanya dampak perdagangan bebas antara Tiongkok dan ASEAN di tahun 2016 mendatang.

Inisiatif gak percuma dan malah menjadi peluang bagi COSCO dan CSCL, selain jadi ancaman bila terjadi perang tarif. Selain pasar yang diincar Indonesia, ketiga pelayaran ini juga membidik Malaysia. Percaya gak ?

Ini deh, lihat rotasi pelayarannya :  Qingdao – Shanghai – Xiamen/Shenzhen – Shekou - Pasir Gudang (Malaysia) – Singapura – SURABAYA (Indonesia) – Singapura - Qingdao. Armada yang disiapkan 4 x 2.000-2.700 TEUs.

COSCO akan memasang 2 (dua) unit kapal sedangkan Evergreen dan CSCL akan memasang masing-masing 1 (satu) unit. Ingat tanggal mainnya, servis langsung ini akan dimulai per tgl 20/05 dengan keberangkatan kapal pertama dari Qingdao.

Eng ing eng … bakal rame nih Surabaya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar