Rabu, 20 Mei 2015

JT 200515 : Profit “CMA CGM” Melonjak

Woow bingitz sih … disaat pelayaran global lainnya megap-megap alias kelimpungan cari peluang pasar yang menguntungkan, ehh gak dinyana “CMA CGM” malah berhasil membukukan net profit di kuartal 1 – 2015 USD 406 juta.

Hal itu bila dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu di periode yang sama. Hitung punya hitung, kenaikannya hampir 419 persen. Top abiiiiz. Pendapatan (revenue) yang diraih mencapai USD 4,01 milyar ato naik 1,8 persen.

Secara volume, pelayaran asal Perancis ini berhasil mengangkut 3,1 juta TEUs ato naik 10,5 persen. Disaat tingkat harga mencapai batas terendah, maka dengan kata sakti “profit”, pelayaran sudah boleh bangga.

CMA CGM menikmati kenaikan cukup fantastis karena jalinan kerjasama dalam aliansi strategis “Ocean 3” (O3), bersama “UASC” dan “CSCL” dan rute yang disebut-sebut memiliki kontribusi besar yakni rute Amrik. Kondisi pasar di Amrik juga lagi lumayan.

CMA CGM berhasil membuka 5 (lima) rute anyar ke Amrik, sukses memperluas jaringan hingga 655 keagenan di 160 negara. Bahkan per tgl 11/05 lalu, pelayaran no. 3 terbesar didunia ini dipercaya mengelola sektor logistik di Jamaika – kawasan Karibia situ deh.

Perusahaan sangat diuntungkan dengan program efisiensi dan pengelolaan biaya, ditambah lagi turunnya harga bahan bakar (biaya bunker per TEU turun 36,5 persen) sehingga konsep jualannya kena ke Pelanggan. Jadi, termasuk strateginya jitu juga sih.

Lembaga pemeringkat sekelas “Moody’s” aja menaikkan credit rating CMA CGM menjadi B1 dengan kategori stable outlook. Padahal diakui oleh semua pelayaran, harga di rute Asia-Eropa (AE) lagi ancur-ancuran (volatile) sejak Imlek lalu – Februari 2015.

Armada kapal CMA CGM malah terus bertumbuh dengan adanya penambahan 3 x 20.600 TEUs untuk periode 2016/2017. Bahkan CMA CGM LOG sebagai afiliasi, belum lama ini mengakuisisi LCL Logistix India untuk memperkuat kehadirannya.

Wes, poko’e top markotop deh. Bravo.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar