Minggu, 30 Maret 2014

JT 300314 : "Hanjin Shipping" Scrap 13 Kapal

Tahun ini, pelayaran Korea Selatan bakal men-scrap (membongkar ? entahlah, rasanya belum ada istilah yang cocok) 13 unit kapal, mulai dari kapasitas 4.024 TEUs hingga 5.302 TEUs. Jumlah pastinya 6 x 4.024 TEUs. Sisanya ya bisa diprediksi kapal 5.000an TEUs tadi.

“Hanjin Shipping “ (HJS) menjual kapal yang dibangunnya, antara 1996 hingga 1998 tsb, kepada pihak yang berminat dan akan di-scrap di sekitar India sana. Kapal ini dipakai HJS di rute Trans Pasifik (TP) dan belakangan dioperasikan di Asia - India,

Kapal pertama yang di-scrap adalah “Hanjin Shanghai”, sudah tiba di Alang akhir Januari 2014 lalu. Dalam beberapa bulan kemudian akan disusul dengan kapal-kapal lainnya. Sejatinya, kapal ini bisa dieksekusi sejak 4 tahun lalu saat kapal-kapal tersebut ditransfer ke KAMCO.

KAMCO ato Korea Asset Management Company, yang memberikan bantuan untuk menyelamatkan HJS. KAMCO mengambil-alih kapal-kapal HJS (under sale and leaseback deal) untuk mendapatkan suntikan dana dan kapal-kapal tersebut tidak jatuh ke pihak asing. Gitu.

Seperti diketahui, mulai bulan Maret ini HJS bakal mulai mengoperasikan kapal 10.000 TEUs yang disewa dari Seaspan Inc. Kedepannya, kapal-kapal kecil dan mediam akan mengalami nasib serupa, digantikan dengan kapal-kapal gede yang lebih efisien.

Congrats deh.         

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar