Kamis, 06 Maret 2014

JT 060314 : "China Cosco Holdings" Order 5 x 9,400 TEUs Ship


Walau industri pelayaran tidak secerah yang diharapkan, pembangunan kapal baru harus tetap jalan guna mengantisipasi pertumbuhan perdagangan di masa mendatang. Salah satu yang tetap sigap dan optimis adalah China Cosco Holdings.

Kabarnya, pihak galangan “Shanghai Jiangnan Changxing Shipbuilding Co.” Akan membangun kapal 5 x 9.400 TEUs untuk kebutuhan “China Ocean Shipping Group” ato “COSCO”. Kapal-kapal baru ini akan dikirim mulai tahun 2016 hingga 2017.

Pihak Cosco membelanjakan USD 86,9 juta per unit ato total nilai ontraknya USD 434,5 juta. Nilai diatas konon, 3-5 persen diatas harga pasaran, namun sayang tidak disebutkan alasannya kenapa. Yang penting dibayar, gitu aja he he he.

Bocorannya sih, Cosco bersedia membayar lebih, karena mempertimbangkan fluktuasi harga kapal serupa di galangan domestik Tiongkok. Harga pasaran kapal sejenis bila dibuat di galangan Korea Selatan maupun RRCina sekitar USD 83-85 juta saat ini.

Cosco akan melakukan pembiayaan dari dana internal maupun pinjaman serta pembayaran akan dilakukan secara bertahap. Maksudnya bertahap gak dijelaskan juga. Biarlah yang punya hajat membereskan urusan itu.

Oh ya, galangan diatas merupakan afiliasi “China State Shipbuilding Corp.” (CSSC) salah satu galangan pelat merah di Tiongkok. Jadi keluar kantong kiri, masuk kantong kanan. Cingcai ‘lah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar