Senin, 24 Maret 2014

JT 240314 : Tiga Raksasa Baru Melaut


Tiga kapal kontainer baru bakal meramaikan bursa industri maritim global. Tiga kapal anyar ini milik 3 (tiga) pelayaran besar dan memiliki agregat 36.503 TEUs, WooooW deh. Padahal kapasitas saat ini sudah melewati ambang batas normal, ehhh masih ditambahin terus hik hik hik.

Dampak yang paling nyata, tingkat harga jadi sulit beranjak naik, walau sudah beberapa kali upaya kenaikan harga diupayakan. Bila pasok ta sesuai dengan permintaan, sulit rasanya “rate restoration” dibilang sukses.

APL bakal menerima kapal ke-8 dari total order 10 unit, sisa 2 unit lagi bakal diresmikan sekitar bulan Mei 2014  mendatang. Afiliasi NOL Group ini, di tahun 2011 lalu memesan 10 x 14.000 TEUs dari galangan kapal “Hyundai Samho Heavy Industriy" (HSHI), Korea Selatan.

Dari total 10 unit diatas, APL menyewakan separo ato 5 unit kapal barunya ke pelayaran jepang sesama anggota “The New World Alliance” (TNWA) yaitu MOL yang kini sudah melebur menjadi aliansi strategis “G6” – guna menandingi kehadiran “P3 Network” yang dimotori “Maersk Line”, “MSC” dan “CMA CGM”.

Tiga kekuatan besar dunia di industri palayaran kontainer, diprediksi bakal mematikan pelayaran gurem ato yang naggung, kecuali mereka memiliki spesialisasi ato kekuatan unik, sehingga sulit ditembus oleh lawan-lawannya. Tapi apa iya ?

Tak heran pula bila G6 yang beranggotakan 2 kekuatan besar sebelumnya di TNWA (APL, MOL, HMM) serta “Grand Alliance” (Hapag-Lloyd, OOCL, NYK) harus melakukan serangkaian perubahan pola operasi untuk menandingi cakupan servis yang ditebar oleh P3.

Bahkan COSCO, “K” Line, Yang Ming dan Hanjin yang tergabung dalam “CKYH” akhirnya harus merekrut “Evergreen Line” membentuk “CKYHE” agar dapat menandingi keperkasaan P3 maupun G6. Ada yang bakal melebur lagi ? Dipastikan ada dan harus.

Bila tidak melakukan konsolidasi, bukannya tidak mungkin bakal menghadapi serangan fatal karena kedodoran membuka servis sedemikian banyak, denagn aset yang dimiliki oleh individual carrier. Udah gak jamannya lagi tapi masih ada UASC, CSCL dan sejumlah nama lain yang masih mencari mitra (kayaknya sih gitu he he he).

Kapal ke-4 yang disewa MOL yakni “MOL Quasar” (foto diatas) dan sudah dioperasikan di Loop 7 AE milik G6. Sementara itu “Hyundai Merchant Marine” (HMM) memperoleh kapal ke-2 dari total order 5 x 13.100 TEUs, yang dipesan bulan Agustus 2011 lalu. HMM memesan kapal ini di “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME).

Kapal ke-3 yang masuk ke samudera lepas yakni milik “Mediterannean Shipping Co.” (MSC) yang semakin merapat dan mendekati kekuatan nomor wahid “Maersk Line”. Kapal yang diperolehnya merupakan yang ke-2 dari total 3 x 9.403 TEUs. Kapal ini dimiiki oleh Costamare.

Selain 3 kapal diatas, MSC juga menyewa dari Schulte Group 3 x 9.403 TEUs. Kapal-kapal anyar ini bakal ditaruh di Asia – Amerika Latin vai Afrika Selatan ato lebih dikenal dengan “Ipanema Service”. Kapal-kapal ini dibangun di galangan RRCina, “Jiangnan Changxing Shipyard”.

Seperti diketahui, MSC memesan kapal berkapasitas antara 8.700 – 9.500 TEU sebanyak 43 unit dan baru 17 unit saja yang jadi. Selebihnya masih dibangun. Kapal-kapal ini dilengkapi dengan 1.000 reefer-plug. Dan bila semuanya sudah jadi, gimana gak dibilang WOW tuh ?

Kompetisi semakin sengit kayaknya, wait and see deh.


Sumber : Dari Sana-sini.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar