Kamis, 13 Maret 2014

JT 130314 : Samudera Rugi USD 2,2 Juta Di 2013

Setelah sempat mengantungi profit USD 4,6 juta di tahun 2012, ehhh ndilalah tahun 2013 kondisi berbeda sama sekali. Samudera Shipping Lines (SSL), pelayaran nasional swasta yang berbasis di Indonesia, membukukan kerugian USD 2,2 juta !

Secara umum, hampir semua pelayaran mengalami kondisi serupa, memiliki raport merah. SSL menyebutkan alasan utama anjloknya profit mereka karena memblenya permintaan pasar domestik dan regional. Hmmmm ..... gitu ya.

Media utama “Lloyd List” menganalisis bahwa perubahan struktur servis serta konsolidasi sejumlah pelayaran membangun aliansi strategis bisa menjadi pemicu anjloknya feeder operator dimana pun mereka beroperasi.

Di rute regional, volume SSL drop 9 persen menjadi 1,1 juta TEUs dan mendorong revenue turun hingga 18 persen ke angka USD 274 juta (Y-on-Y). Di rute domestik, Samudera cukup menderita dengan penurunan sebesar 22 persen, dalam hal pendapatan di angka USD 49 juta.

Kendalanya, anjloknya harga di sejumlah rute domestik serta turunnya volume muatan. Secara total, di tahun 2013 Samudera meng-handle 157.000 TEUs ato turun 6 persen. Tahun lalu, fluktuasi nilai tukar USD terhadap IDR berdampak terhadap iklim pasar domestik.

Sektor bulk carrier, tanker dan offshore (lepas pantai) masih tergolong oke, pendapatan di angka USD 66 juta. Untuk rute regional ato Intra-Asia, Samudera akan menegosiasi ulang sewa kapal dan mencari kapal sewa yang lebih kompetitif supaya bisa bersaing dengan kompetitor utamanya.

Selamat bertempur !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar