Minggu, 16 Maret 2014

JT 160314 : “RCL” Rugi USD 52 Juta Di Tahun 2013

Setelah Samudera Shipping Lines (SSL) yang mengumumkan kerugian di tahun 2013 lalu, kini operator pelayaran spesialis Intra Asia lainnya juga menyampaikan hal yang sama. “Regional Container Lines” (RCL) membukukan kerugian THB 1.7 milyar (= USD 52 juta).

Dalam beberapa tahun belakangan, regional player maupun global player mengakui sulitnya mencetak laba, ditengah kondisi ekonomi yang dinilainya masih labil. Tak heran bila anjloknya volume kontainer dan penetrasi harga yang tak juga membaik, jadi alasan para pelayaran yang merugi.

Total lifting RCL, baik untuk SOC maupun COC turun 10 persen ke angka 495.167 TEUs. Benar-benar tahun memprihatinkan bagi industri maritim dunia. Tak ayal sejak akhir tahun 2013 lalu, mulai terjadi kolaborasi yang boleh dibilang huebattt banget di tahun 2014 ini. Bakal maujud gitu loh.

Sepintas sudah pernah dibahas di jurnal sebelumnya seperti lahirnya jaringan 3 (tiga) kekuatan besar pelayaran dalam satu naungan yang disebut “P3”, indikasi Hapag-Lloyd (H-L) akan mengakuisisi CSAV dan masuknya “Evergreen Line” dalam aliansi strategis “CKYH” sehingga namanya bermetamorfosa menjadi “CKYHE”.

Ikuti saja perkembangan industri pelayaran secara umum disini.

Selamat berkahir pekan. Tetap apdet info ya supaya gak kuper he he he.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar