Jumat, 21 Maret 2014

JT 210314 : "UASC" Tambah Order Kapal 14.000 TEUs

Pelayaran asal Arab yang didukung kebijakan 6 (enam) negara Timur Tengah kaya minyak, “United Arab Shipping Co.” (UASC), bakal semakin meramaikan hingar bingar industri maritim global. Belakangan, UASC semakin agresif membangun kekuatan armadanya dengan kapal gede.

Bahkan, belum lama ini, UASC mengumumkan penambahan order 6 x 14.000 TEUs yang sebelumnya dipatok hanya 10 unit saja. Jadi total order kapal anyar untuk ukuran 14.000 TEUs-nya menjadi 16 unit. Wooow.

Galangan kapal yang dipercaya membangun armada kapal UASC adalah “Hyundai Heavy Industries” (HHI), Korea Selatan dan merupakan pesanan terbesar yang pernah ditorehkan oleh UASC, dengan nilai transaksi mencapai USD 2 milyar – termasuk segala opsinya tadi.

UASC mengadakan acara khusus untuk memeriahkan peresmian penandatanganan kerjasama ini di Dubai dan kontrak penandatanganan dilakukan oleh Chairman UASC Salem Ali Al Zaabi dan YJ Ji dari HHI.

Dalam kata samnbutannya, Al Zaabi meneguhkan komitemen UASC untuk mengoperasikan kapal yang canggih namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kontrak kali ini merupakan kelanjutan kontrak yang pernah disepakati bulan Agustus 2013 lalu.

Seperti diketahui, UASC membangun armada kapal dalam skala besar, baik kapasitas +14.000 TEUs maupun +18.000 TEUs, dengan jadual pengiriman akhir tahun 2014 hingga pertengahan 2015. Gak pake lama karena UASC membutuhkan kapal-kapal anyar untuk penetrasi pasar yang baru.

Mantabz ! Kompetisi bakal semakin ketat dan aliansi startegis bertambah sengit, siapa menggandeng siapa nih .... eng ing eng. Individual carrier bakal semakin terjepit, kalo pun ada. Glodaaaak.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar