Senin, 03 Maret 2014

JT 030314 : “MSC” Dekati “Maesk Line”


Bukan masalah PDKT nih, ini masalah perlombaan menjadi yang terkuat di industri pelayaran. Seperti diketahui, agresifitas pelayaran-pelayaran besar sulit disetop / dihentikan karena ada prestise di balik konstruksi kapal anyar.

Walau sama-sama punya duit yang gak ada serinya (begitu istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan betapa banyaknya duit yang dimiliki seseorang ato suatu perusahaan raksasa), namun bila dipaksa untuk terus membangun kayaknya bakal capek dan melelahkan.

Adalah niatan “Maersk Line” menggandeng pelayaran ke-2 dan ke-3 terbesar di dunia yakni “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) dan “CMA CGM” untuk mengumpul di satu jaringan yang diberi nama “P3”.

Akankah dengan bersatunya sistem operasi P3 lantas obsesi membangun kekuatan armada kapal kontainer akan serta merta berkurang ato berhenti sejenak ? Setidaknya, itu yang mungkin terpikir oleh petinggi-petinggi P3 disono.

Tapi bila diurut-urut dengan kompetisi konstruksi kapal anyar, pertumbuhan armada kapal Maersk hanya 0,8 persen saja sedangkan MSC mencapai 3 persen (data tahun 2013). Artinya, bila demikian seterusnya maka bukan mustahil MSC akan menyalip posisi Maersk Line di suatu waktu tertentu.

Bila disimak dari kekuatan yang ada, Maersk memiliki peluang menambah armada dengan order 16 unit kapal 18.270 (Triple-E Class) di tahun 2013 lalu plus 5 unit pesanan baru khusus untuk rute Afrika dan Amrika Latin.

Kondisi tersebut akan merefleksikan Maersk mengoperasikan 574 kapal dengan agregat 2,6 juta TEUs, berbanding dengan MSC yang mengoperasikan 445 kapal dengan agregat 2,25 juta TEUs. Semakin dekat aja nih.

Dan Maersk tengah mempertimbangkan mengembalikan sejumlah kapal sewa, totalnya sekitar14 unit. Bila dimasukkan dengan data terkini, Maersk memang masih bisa bertahan di peringkat 1 tetapi bila persentase diatas tidak berubah maka lambat laun MSC akan mengancam posisi Maersk sebagai pelayaran nomor wahid di industri pelayaran global mendatang.

Eng ing eng .... peta kekuatan tetap ciamik buat ditelisik bersama.

Sumber : Dari Sana-sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar