Putaran pertama pembicaraan yang mengarah ke penggabungan
usaha antara "Hapag-Lloyd" (H-L) dengan "CSAV"
belum lama ini dilaksanakan di Hamburg, Jerman. Upaya ini tidak lain untuk
menciptakan pelayaran terbesar ke-4 di dunia setelah "Maersk Line",
"MSC" dan "CMA CGM" - yang kini mendeklarasikan
"P3".
Dalam pertemuan putaran pertama tersebut, disinggung
persentase hasil merger akan membagi porsi kepemilikan 70/30. Bahkan salah satu
pemegang saham H-L masih menambahkan porsi sahamnya 2-3 persen lebih besar
namun kabarnya akan dibicarakan dengan rapat tersendiri di lingkungan internal
H-L.
Pengusaha yang juga pemegang saham di H-L dengan
menguasai 28,2 persen, Michael Kuehne menginginkan H-L harus memegang kontrol
mutlak. Sementara pemegang saham lainnya justru pesimis karena dilatarbelakangi
kegagalan pembicaraan merger sebelumnya antara H-L dengan Hamburg-Sud (H-S).
H-S dengan tegas menolak usulan H-L.
Kalo jadi, peleburan entitas antara H-L dan CSAV kelak
akan menciptakan kekuatan ke-4 terbesar di dunia, dengan total kapasitas
mencapai 1,1 juta TEUs. Hanya dengan cara itulah H-L bisa mendekati kekuatan
besar dunia dan CEO H-L Michael Behrendt menyadari walau gak akan terwujud
dalam waktu dekat, namun langkah-langkah menuju H-L yang lebih besar lagi,
terus diperjuangkan.

Secara operasional, keduanya saling melengkapi. H-L
dianggap menguasai "east-west" corridor dan CSAV memiliki servis
lengkap di "north-south" tradelane. Itulah kenapa Drewry menganggap
kerjasama operasional lebih pas, ketimbang merger.
H-L pernah mencaplok "CP Ships" di tahun 2005
lalu walau secara proses agak tersendat namun secara keseluruhan, langkah tersebut
dinilai cerdik agar H-L tetap bisa mensejajarkan di panggung elit pelayaran
global hingga saat ini. Target kedepannya, H-L ingin melewati kemampuan
"Coscon" dan "Evergreen" yang saat ini menempati ranking
ke-4 dan 5 dunia.
Apapun pilihan manajemen keduanya, pasti punya alasan
kuat. Kita tunggu perkembangan lebih lanjut di tahun depan ya he he he ...
Rujukan terkait isu merger H-L dan CSAV simak juga JT
121213 : Isu Merger H-L & CSAV.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar