Kamis, 19 Desember 2013

JT 191213 : “Paragon Shipping” Batalkan Order Kapal

Dunia pelayaran kadang terkecoh dengan fluktuasi nilai tukar mata uang dan situasi perekonomian dunia. Saat dulu memesan kapal, mahalnya banget ehh sekarang kalaupun dilego ... ehh malah turun nilainya, bukan tambah mahal. Satu dua kasus ada aja sih. Selebihnya memble.

Kabarnya nih, “Paragon Shipping” yang bermarkas di Athena, Yunani pernah memesan kapal bulk namun dikonversi menjadi kapal kontainer berkapasitas 4.777 TEUs dari galangan RRCina, “Zhejiang Ouhua Shipbuilding” di bulan Maret 2011.

Kapal yang dipesan awalnya 2 (dua) unit cuma yang satu dibatalin. Jadi yang satu unit ini rencana dikirimnya kuartal ke-2 / 2014 dan kontrak awal yang nilainya mencapai USD 57,5 juta, sekarang ditawar menjadi USD 55 juta doank- demikian menurut laporan “Alphaliner”.

Kapal pesanan yang semula dibatalkan 1 x 4.777 TEUs tetap dibuat tetapi dibeli oleh “Box Ships” yakni juraan kapal yang punya konsentrasi di penyewaan kapal. Yang mengelola namanya “Allseas Marine”.

Box Ships didirikan oleh Paragon di bulan April 2011 untuk mengurusi bisnis persewaan kapal kontainer dan dari situ, mulailah mengoleksi kapal satu persatu. Kini sudah punya 8 (delapan) unit dan dalam status sewa kecuali 1 (satu) unit yang belum lama ini dibalikin oleh Maersk Line.

Kapal yang dimiliki Box Ships, kapasitasnya diantara 3.426 TEUs hingga 6.589 TEUs. Lumayan lah berada di middle-class capacity. Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar