Selasa, 24 Desember 2013

JT 241213 : “Swire”, “Carpenter” Berkolaborasi Di PNG

Biasalah, kalo lagi dihantam beban berat semua pelayaran akan bersahabat, padahal sebelumnya saling berkompetisi satu sama lain. Malah kalo perlu sampe banting harga he he he. Kini pelayaran seolah bersatu. Apa iya ?

Ada benarnya juga sih, “bersatu mereka padu, bercerai mereka runtuh”. “Bersatu padu” saat ini lebih bermakna kepada  menjalin kerjasama bareng sedangkan arti kata “bercerai” jika bermain individual sekarang ini, bisa remuk redam. Gak ada ampun.

“China Navigation Co. Pte Ltd” (CNCo) kabarnya bakal bermitra dengan “Carpenter Shipping”. CNCo merupakan afiliasi “Swire Group” sedangkan Carpenter merupakan biz unit dari konglomerat Malaysia, “MBI Holdings”.

Keduanya bersepakat bekerja bareng di Papua Nugini (PNG) dengan metoda “sharing agrrement” – demikian sebagaimana dilaporkan “Alphaliner”. Ide ini muncul sebagai dampak anjloknya volume dan mengantisipasi kejatuhan harga sehingga mau tak mau harus berkolaborasi.

Di rute Asia – PNG, Carpenter bakal menaruh kapal “Hansa Norburg” (1.700 TEUs) sedangkan Carpenter akan bisa mengakses di servis milik “Swire Shipping”, yang juga satu grup dengan CNCo. Efektif berlaku mulai akhir Desember 2013.

Cakupan servis CNCo-Swire gak banyak berubah namun Carpenter akan beroleh manfaat banyak dari partisipasinya dengan menggandeng Swire Group. Saat ini Carpenter hanya bisa menawarkan 17 pelayaran ke PNG namun nantinya, jadi 64 voyage per tahun dan suatu peningkatan yang luar biasa.

Di rute RRCina – PNG, Carpenter menyiapkan 2 (dua) kapal, yakni “PAC Antilla” dan “PAC Aquarius”, masing-masing berkemampuan 1.078 TEUs. Carpenter meluncurkan servis ini dibulan Maret 2010 dengan 4 kapal berkapasitas antara 900-1.100 TEUs.

Namun di Juni 2010 mengurangi kapal menjadi 3 unit saja karena daya serap pasar menurun. Malah di September 2011 mengurangi kapal lagi, jadi tinggal 2 unit saja. Kini dengan bekerja bareng dengan CNCo, Carpenter ingin berjaya kembali.

Semoga tetap rukun ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar