Jumat, 20 Desember 2013

JT 201213 : “Evergreen” Jual 32.265 Unit Kontainer

Konsep serupa pernah dijalankan oleh “China Shippping Container Lines” (CSCL) untuk menutup kerugian yang diderita, bahkan kabarnya satu pelayaran domestik pun sempat melakukan penjualan kontainernya untuk menutupi lubang kerugian industri pelayaran.

Kini, kabarnya pelayaran Taiwan, “Evergreen” menjalankan teknik serupa, yakni menjual 32.265 unit kontainer dari anak perusahaannya “Greencompass Marine” ke pihak “Elevation Development and TG Global” senilai USD 75,7 juta.

Aksi ini disebut-sebut untuk menutupi kerugian yang diderita sekitar TWD 2,2 milyar (= USD 70 juta) selama tiga kuartal selama tahun 2013. Untungnya, di kuartal 3 mulai mendatangkan untung TWD 48,5 juta. Hati-hati, belum dikonversi ke USD tuh ...

Oh iya, tambahan info lagi nih. Sebelumnya, Yang Ming Line (YML) ternyata menyuguhkan teknik sama senilai TWD 1,4 milyar untuk melepas dan menyewa balik unit yang dijualnya. Setidaknya ada sejumlah angka yang bisa dihemat, makanya dieksekusi. Tapi gak disebutkan berapa jumlah kontainer yang dilepas.

Wah wah wah ... disaat pelayaran global menambah kapasitas terpasang dengan kapal-kapal gedenya, ehhh unit kontainernya malah dilepas untuk menutupi kerugian. Moga-moga aja cepet balik modal deh ya dan perekonomian dunia cepet pulih.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar