Jumat, 06 Desember 2013

JT 061213 : “G6” Akan Hadapi Kompetisi Dengan “P3”



Langsung ato tidak langsung, pastinya kedua mega-aliansi ini akan berhadapan di lautan he he he. Walau armada G6, gabungan 6 (enam) pelayaran global gak segede P3 tapi perkara nyali ehh servis, mereka gak gentar.
 
Kabar terakhir, G6 bakal mengembangkan layanan ke Trans Atlantik (TA) dan Trans Pasifik (TP). G6 disebut-sebut memiliki agregat kapasitas tonase terapung 17 persen dari seluruh total armada dunia, sedangkan P3 network memiliki agregat tonase terapung 37 persen.

Perbandingan lainnya, G6 memiliki 240 kapal hasi kontribusi Hapag-Lloyd (H-L), NYK, OOCL, HMM, MOL dan APL. P3 mengkombinasikan 200-an kapal nanmun kapasitasnya, gede-gede makanya kapasitasnya bakal dahsyat luar biasa.

G6 saat ini bekerjasama di Asia Eropa (AE) dan Asia – US East Coast (USEC) dengan menggelar 76 kapal di 12 servis, menghubungkan 27 pelabuhan di Asia, Eropa dan Amrik timur. Jalur TA didukung 42 kapal dan menyinggahi 25 pelabuhan di Amrik, Meksiko, Kanada dan Eropa.

Menghadapi situasi yang semakin memanas, pihak Federal Maritime Commission (FMC) Amrik sudah mengundang mitra kerja di RRCina dan Eropa untuk membicarakan isu strategis terhadap dampak yang akan ditimbulkan bila mega-aliansi ini maujud.

Rencana pertemuan sudah di-set, tgl 17/12 mendatang di Washington DC, Amrik. Kita tunggu hasilnya ya ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar