Minggu, 22 Desember 2013

JT 221213 : Injeksi Dana USD 500 Juta "Yildirim" Ke "CMA CGM"

Injeksi duit tunai di industri pelayaran saat sangat dibutuhkan, bukan untuk strategi bertahan tetapi ekspansi di saat susah. "CMA CGM" termasuk yang beruntung mendapat suntikan modal dari salah satu pemegang sahamnya, "Yildirim Holding", Turki.

Kabarnya, duit ini bakal dipake untuk membangun armada kapal baru, sehingga kapasitas terpasangnya meningkat sekitar 14 persen ato 208.300 TEUs, dibanding dari posisi saat ini (1,5 juta TEUs). Dana yang dikucurkan Yildirim mendekati angka USD 500 juta. Woooow banget gak sih ?

Dukungan ini membuat manajemen CMA CGM bangga dan lega karena gak susah-susah cari duit untuk program ekspansinya walau pelayaran lain tengah kembang-kempis memikirkan yang namanya penghematan, buat bisa tetap eksis. Pelayaran asal Perancis ini malah mendapat dana tunai begitu gampangnya.

Sebelum Yildirim menurunkan dana tunainya, sovereign wealth fund (SWF) Perancis memberikan sokongan dana untuk membuat 6 x 16.000 TEUs, yang semula dipesan dalam kondisi kapasitas awal 12.600 TEUs. Tiga diantaranya sudah beroperasi dan sisa tiga lainnya akan segera dikirim hingga tahun 2015 mendatang. Biasalah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan jaman he he he dan duitnya. Gitu. 

Duit Yildirim peruntukannya, membangun 10 kapal berkemampuan 9.200 TEUs dan 3 x 2.100 TEUs - demikian catatan media riset yang bermarkas di Paris "Alphaliner". Selain order tadi, CMA CGM juga menyewa sejumlah besar kapal post-panamax (5 unit) yang tengah dipesan "Bank of Communications Financial Leasing", RRCina dan galangan yang dipilih "Samsung Heavy Industries" (SHI).

Kebutuhan diatas harus digenjot, memngingat partisipasi CMA CGM di jaringan aliansi strategis "P3", bersama "Maersk Line" dan "MSC" yang saat ini merupakan trio-pelayaran yang disegani karena kekuatannya serta ambisinya menguasai jalur utama perdagangan dunia.

Waspada, waspada, waspada.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar