Sabtu, 07 Desember 2013

JT 071213 : Rusia Selidiki 13 Pelayaran Global

Kecurigaan penguasa terhadap biz pelayaran terus bergulir di belahan bumi Eropa sana. Setelah sebelumnya European Commission (EC) memberikan sinyal akan menginvestigasi sejumlah pelayaran global, kini pemerintah Rusia pun melakukan hal yang kurang lebihnya sama.

Otoritas yang berwenang mengawasi kompetisi di Rusia, belum lama ini menginisiasi investigasi terhadap sejumlah pelayaran global, yang diduga melakukan praktek kartel berupa "price fixing". Tindakan ini sebagai tindak-lanjut atas inspeksi mendadak (sidak) di bulan Februari lalu terhadap sejumlah pelayaran.

Pelayaran yang kena sidak via agen mereka di Moskow dan St. Petersburg yakni : Maersk Line, MSC, CMA CGM, APL, "K" Line, NYK, OOCL, CSCL, HMM, Zim, Cosco, Evergreen dan Hapag-Lloyd (H-L).

Nama-nama yang disidik oleh otoritas terkait Rusia, hampir sama dengan yang dirilis pihak EC namun tanpa nama APL - demikian sebagaimana diungkap oleh Lloyd's List. Oh iya, yang melakukan sidak di Rusia, namanya "Federal Antimonopoly Service" (FAS).

FAS menggunakan Clause 1 Part 1 dari Article 11 dalam hukum federal Rusia : protection of competition, charges based on "materials obtained in the course of several dozens unscheduled on-site inspections".

Selain EC dan FAS Rusia, di beberapa wilayah lain seperti Jepang dan Amrik, dilakukan investigasi serupa, untuk membuktikan penetapan tarif sebagaimana disangkakan oleh otoritas terkait. Bila terbukti, maka denda / penalti yang akan dikenakan lumayan juga. Jika tidak terbukti, nanti juga akan diumumkan kepada publik koq.

Selain biz kontainer, angkutan khusus kendaraan (car carrier) juga mendapat sorotan untuk kali ini. Semoga hasilnya baik buat semua.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar