Kamis, 27 Desember 2012

JT 271212 : CMHI Beli Saham DCT


Ekspansi bisnis China Merchants Holdings (International) alias CMHI ngga berhenti di benua Eropa dan Asia. Kini ada kesan merangsek ke Afrika. Hal ini terbukti dengan disepakatinya CMHI membeli 23,5 % saham Port de Djibouti, termasuk 2/3 saham DCT.

DCT (Doraleh Container Terminal) adalah terminal kontainer yang dibangun oleh Dubai Port World (DP World) dan disebut-sebut merupakan salah satu pelabuhan tercanggih di benua Afrika. CMHI menyadangkan dana USD 185 juta untuk mendapatkannya.

DCT diresmikan beroperasi tahun 2008, memiliki draft 18 meter dan panjang dermaga 1.050 meter. DCT didisain untuk bisa meng-handel sampai 3 juta TEUs per tahun namun kapasitas saat ini 1,2 juta TEUs. Oh ya, nantinya DP World masih memiliki 1/3 saham DCT.

CMHI merupakan divisi tersendiri yang mengurusi kepelabuhanan, dari sebuah holding company, China Merchants Group (CMG). Grup ini juga melirik terminal kontainer yang dikelola oleh CMA CGM, Terminal Link dan menaksir 49 % sahamnya bisa berganti kepemilikan he he he.

Sejumlah pelabuhan yang dikelola Terminal Link terhampar dari Dunkirk, Le Havre, Houston, Miami, Tanger Med dan Busan. Sebagai tambahan DCT diprediksi bisa menampung kapal terbaru 10.000 TEUs dan bakal menjadi hub penting di kawasan Laut Merah.

Target yang disasar bila menguasai pelabuhan Djibouti adalah Afrika Timur. Mantabz Man ! Congrats lah ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar