Sabtu, 01 Desember 2012

JT 011212 : Zim Line Profit Lagi !


Ini berita segelintir pelayaran yang tengah menikmati masa-masa indah setelah sebelumnya dihajar babak belur oleh krisis berkepanjangan selama hampir 2 (dua ) tahun belakngan ini. Salah satunya Zim Line.

Pelayaran Israel bernama lengkap : Zim Integrated Shipping Services (dikenal sebagai Zim Line), membukukan keuntungan di kuartal 3 atau Q3 (Jul-Sep) 2012 USD 16 juta. Bandingkan dengan prestasi Q3 2011 yang mencatat kerugian USD 66 juta.

Zim berhasil membukukan peningkatan kuartalan hingga operating profit mencapai USD 80 juta dan boleh dibilang berhasil mencatat rekor terbaik sejak Q4 2010. Sukses ini juga beroleh kontribusi dari berbagai penghematan serta 10 % hasil kenaikan tarif di berbagai rute.

Kondisi pasar yang belum menentu serta kelebihan kapasitas ruang akan berdampak negatif bila tidak ditangani dengan baik. CEO Zim Line, Rafi Danieli mengakui hal tersebut. Kenaikan volume gak seimbang dengan meluncurnya segambreng kapal gede tahun ini.

Saat ini, ada sekittar 4,5 % armada kapal kontainer di dunia menganggur (idle) alias diparkir di sejumlah tempat. Zim ingin fokus arah profitability ketimbang menguasai pasar tapi berdampak kerugian bagi perusahaan. Bagus deh.

Di saat rute Asia – Eropa (AE) melemah, Zim beruntung karena armadanya lebih banyak bergerak di kawasan Pasifik. Hanya sekitar 20 % doank armada Zim beroperasi di AE maupun Asia – Mediterania.

Congrats dan semoga bisa menginspirasi pelayaran lain melakukan hal yang sama, kearah profitability, bukan melulu mengukur dari market share.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar