Senin, 24 Desember 2012

JT 241212 : CMA CGM + China Merchants Bahas Pelepasan Saham Terminal

Sejak minggu lalu, pelayaran terbesar ke-3 didunia ini rupanya tengah mengutak-atik strategi, bagaimana caranya mendapatkan duit segar untuk memperlancar operasi armada kapal CMA CGM di seluruh dunia.

Sidik punya sidik, ternyata pelayaran Perancis ini berniat melepas saham non-core ports assets ke pihak China Merchants Holdings (CMH), Hong Kong. Aset yang akan dilepas, yakni 49 persen saham di Terminal Link / TL (operator terminal kontainer - afiliasi CMA CGM Goup).

Bila niatan ini lancar, pelayaran pimpinan Jacques Saade tahun ini akan mendapatkan duit segar USD 600-700 juta, salah satunya dari pelepasan saham TL. Mantabz.

Saat dihubungi oleh beberapa wartawan (CI dan Lloyd's List), pihak CMA CGM maupun CMH belum bisa berkomentar banyak. Maklum, kalo kado tahun baruan kadang-kadang suka bikin terkejut pemegang saham maupun karyawan.

TL menduduki peringkat 12 - sebagai operator terminal kontainer didunia dan memegang sejumlah konsesi di pelabuhan besar dunia, seperti Dunkirk, Le Havre, Houstan, Miami, Tanger Med, Busan dan lain-lain.

Intinya, bagi CMH hal ini jelas akan mendongkrak performansinya di industri bisnis kemaritiman. Siapa juga yang gak akan kagum bisa mengakuisisi saham TL ? Jarang-jarang lah.

Lajulah, moga-moga lancar dan bendera CMA CGM bisa tetap berkibar di tahun-tahun mendatang ! Aamiin YRA.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar