Selasa, 04 Desember 2012

JT 041212 : Myanmar Bakal Melejit


Setelah Laos yang diprediksi bakal tumbuh menjadi kekuatan baru diantara negara anggota ASEAN. Kini terbersit lagi, berdasarkan pengalaman GML Logistics Pte Ltd (GML) yang memulia bisnis di Myanmar memprediksi bahwa negeri ini bakal melejit juga dalam waktu dekat.

Hal tersebut bisa dibilang ngga berlebihan. Pasalnya, dengan kebijakan baru yang dihimpun oleh mantan aktifis oposisi yang kini menjadi petinggi di Myanmar, tengah membuka hubungan diplomatik ke berbagai negara.

Belakangan ini, GML yang mengageni sejumlah pelayaran besar di Myanmar, menilik bahwa pertumbuhan negeri yang sempat terisolasi hinga 2 tahun yang lalu, kini justru menunjukkan minat meningkat masuk ke pelabuhan Yangon.

Di wilayah pelabuhan ini berdiri Myanmar Industrial Port (MIP) yang digunakan oleh para pihak untuk melakukan kegiatan ekspor-impor. MIP satu-satunya pelabuhan yang dikelalola oleh pihak swasta sementara 2 (dua) perusahaan pelat merah negeri itu melayani pasar yang sama.

Sebelum menjadi Yangon, pelabuhan ini memiliki nama Rangoon, dan selama kurun waktu 3 tahun saja, sejumlah pelayaran berhasil masuk Yangon, semisal : Hartman Asia Container Line, STX Pan Ocean, CMA-CGM, RCL, KMA, MOL dan OOCL.

Pihak pelabuhan menata ulang perlengkapan bongkar muat yang saat ini dilayani 4 (empat) unit mobile cranes serta memperbaiki produktifitas dan efisiensi.Ada juga upaya perluasan lapangan untuki meminimalisir kongesti.

Bila program ekspansi usai kelak (2015), MIP bakal memiliki panjang dermaga hingga 2,8 kilometer. Program lain yang tengah dilakukan yakni pengerukan, pembelian sejumlah alat berat, color x-ray scanner dan gedung perkantoran.

Dalam hal semua rencana berjalan lancar, dalam waktu 5 tahun kedepan Yangon bakal bisa sejajar denagn pelabuhan Bangkok ato Ho Chi Minh. Wooow mantabz bener. Ini pola pikir dari negeri yang baru merdeka menyuarakan suara hati loh.

Masa sih republik ini yang banyak orang pinternya ehh malah ketinggalan dari Malaysia, apalagi nanti disusul Laos dan Myanmar ? Keblinger amat ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar