Selasa, 18 Desember 2012

JT 181212 : Maersk Terapkan CCS


Apaan tuh CCS ? Contingency Congestion Surcharge adalah antisipasi pelayaran terbesar didunia saat ini, Maersk Line, menyikapi kondisi terkini di Amrik yang dilanda gelombang pemogokan besar-besaran.

Maersk pertama kali menanggapi isu ini di bulan September lalu, saat pihak Federal Maritime Commission (FMC) menengahi kontrak antara International Longshoremen’s Association (ILA) dan kelompok pengusaha U.S Maritime Alliance namun hasilnya gagal.

Isu demo timbul tenggelam dan ditengarai akan mencapai puncaknya antara Natal dan Tahun Baru 2013, tepatnya tanggal 29/12/12. Isu ini bisa memicu kelumpuhan total untuk semua shipment ke Amrik, termasuk kargo dari daratan Cina.

Besaran CCS yang sudah disiapkan : USD 800/20’, USD 1000/40’ dan USD 1.266/45’. Asosiasi di pantai barat (west coast) dikabarkan hampir mencapai kesepakatan namun untuk wilayah pantai timur (east coast), justru isu meletupnya pemogokan lebih besar, daripada pemulihan.

Bagaimanapun juga, isu pemogokan yang berulangkali di pelabuhan kembar Long Beach + Los Angeles cukup membuat lumpuh perekonomian Amrik. Reputasi pelabuhan ini bisa memperngaruhi pelabuhan lain di wilayah Amrik.

Jadi, kedepannya gimana dunk ? Kita simak saja, bagaimana Presiden Obama dan jajarannya mengatasi isu ini secara cerdik. Wait and see ‘lah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar