Senin, 29 Oktober 2012

JT 291012 : CEO COSCO, Ekonomi RRCina Cukup Kuat


Cukup kuat untuk apa ? Rupanya hantaman krisis ekonomi Eropa berimbas cukup kuat bagi industri maritim di seluruh dunia, termasuk RRCina. Menurut media Bloomberg, petinggi COSCO China Holdings, ekonomi RRCina cukup kuat untuk bisa memulihkan industri pelayaran.

Dalam sebuah wawancara di forum industri pelayaran, Chairman & CEO COSCO, Wei Jiafu menyebutkan, ini baru sebuah awal dari perbaikan. Ekonomi RRCina di kuartal 3 mulai menguat sehingga diyakini bakal membawa angin segar bagi industri pelayaran.

Menurut media cetak South China Morning Post (SCMP), paparan yang disampaikan petinggi COSCO ini menyusul setelah pihak pmerintah mengumumkan proteksi untuk pelayaran domestik atau penerapan Azas Cabotage di seluruh perairan Cina (by banning foreign vessels from sailing on domestic waterways including the Yangtze River.).

Ketentuan tersebut berlaku mulai 01/01/2013 dan yang melanggar ketentuan disaat kapasitas sedang sulit dan mengoperasikan kapal asing, akan dikenakan denda RMB 1juta (= USD 160.000). Yang dikeculikan kapal yang terdaftar di Hong Kong, Makao dan Taiwan.

Pemerintah menginginkan regulasi bari ini bisa mempromosikan sektor pelayaran domestik agar lebih “sehat” dan memaksimalkan faktor keamanan. Sungai Yangtze merupakan jalur perairan sungai tersibuk dengan arus keluar masuknya barang sekitar 1,5 milyar ton di tahun 2010.

Mantabz banget sehingga benarlah petinggi COSCO bila berkomentar demikian. Pantas juga pemerintah mengeluarkan maklumat seperti itu. Volumenya itu Bro’, selangit hi hi hi.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar