Sabtu, 06 Oktober 2012

JT 061012 : RRCina Bangun 50 Supertanker



Bukan RRCina kalo gak bikin gebrakan di industri berskala global. Buktinya, belum lama ini RRCina dikabarkan tengah membangun 50 unit kapal supertanker alias VLCC – sebagaimana dilansir oleh kantor berita Associated Press (AP) belum lama ini.

Pelayaran yang dikabarkan membangun armada kapal supertanker gede-gedean, termasuk: China Shipping Group (CSG), Dalian Ocean Shipping Co. dan China Merchants Group, dengan total kontrak sekitar USD 4,5 milyar untuk 50 supertanker.

Pengumuman ini kontan membuat pelaku bisnis maupun pengamat pasar berkernyit. Artinya, dengan kapasitas terpasang saat ini, harga sewa kapal juga sudah ngga normal, apalagi pada saat ada gempuran supertanker dari daratan Cina ?

Hitungan diatas kertas, jumlah penambahan armada diatas sepadan dengan tambahan 100 juta barrel minyak dipasar dunia, nah bila dibiarkan akan terjadi overcapacity dan bisa dibayangkan harga sewa kapal tanker akan sangat murah donk.

Sebelumnya, pelayaran pelat merah RRCina, China Ocean Shipping Group Co. (COSCO), mempertimbangkan membangun 10 kapal supertanker – seiring semakin meningkatnya impor energi ke negeri Tirai Bambu.

Keputusan diatas terkait jelas dengan niatan pemerintah RRCina, yang mendorong ekspansi armada VLCC namun saat sumber berita mengkonfirmasi ke 3 (tiga) perusahaan pelayaran diatas, mereka menolak berkomentar.

Jiaaah, bisa ya bisa ngga. Tapi naga-naganya sih jadi tuh. Diam-diam membangun, tahu-tahu jadi. Just wait and see.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar