Senin, 08 Oktober 2012

JT 081012 : Pelabuhan Cile Dilanda Mogok





Negeri Cile yang terletak di Amerika Selatan dan selama ini relatif aman dari protes, tiba-tiba dilanda demo hebat dan nyaris melumpuhkan ekonomi negeri yang memanjang dari utara ke selatan ini. Pelayaran CCNI dan CSAV berasal dari Bumi Cile.

Kabar ngga sedap ini datang beberapa hari ini dan melanda salah satu pelabuhan besar di Cile, San Antonio – salah satu gerbang menuju Santiago. Para buruh menuntut perbaikan upah, kondisi pekerjaan dan upah lembur.

Pemerintah bahkan merencanakan program pensiun dini dan penyederhanaan azas cabotage – demikian sebagaimana dilaporkan media yang berbasis di London, Loadstar. Buruh di San Antonio mengharapkan adanya uang pensiun tahunan bagi mereka yang sudah mencapai usia 55 tahun.

San Antonio meng-handle 870.000 TEUs sementara gerbang pelabuhan lain, Valparaiso (yang masih buka hingga kini) juga menangani volume dengan jumlah serupa di tahun 2010 namun naik sedikit, menjadi 970.000 TEUs di tahun 2011.

Kapal-kapal yang akan singgah di San Antonio, sementara waktu dialihkan ke Valparaiso sekitar 42 kilometer ke sebelah utara – demikian sebagaimana diungkap oleh Manager ISS Amerika, Francisco Villagran.


Pemerintah Cile tengah mengkaji batas umur pensiun, dari 55 tahun menjadi 65 tahun. Menurut pihak Maersk Line, Hanjin Taipei (5.500 TEUs) yang sedianya masuk San Antonio, akhirnya harus membelokkan arah ke Valparaiso.

Pihak pengunjuk rasa semakin mendapat simpati, dan pemogokan terjadi juga di Conception, Talcahuano, San Vicente, Coronel dan Lirquen, semuanya sudah berhenti beroperasi sejak 02/10 – sebagai buntut aksi walk-out perwakilan buruh setempat, Union Portuaria Bio-Bio.

Bila pembicaraan yang tengah digagas oleh pihak demonstran gagal, dikhawatirkan bisa meluas ke pelabuhan Cile lainnya, seperti : Arica, Antofagasta dan Coquimbo. Ancaman seperti ini gak main-main karena bisa melumpuhkan ekonomi suatu negara.

Ikut prihatin ya ...

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar