Selasa, 24 Juli 2012

JT 240712 : Keputusan Tepat, MISC Cabut Dari Biz Kontainer

 Biz KontainerBiz kontainer di industri maritim boleh dibilang prestise juga. Pasalnya, sejak babak kontainerisasi dimulai sejak tahun 1960an, gak sedikit pemain walau sudah babak belur tetaaaap saja ngotot ingin bertahan.

Pelayaran negeri Jiran yang sering berselisih paham dengan republik ini, Malaysia International Shipping Co. (MISC), diakui memiliki kepentingan tersendiri saat pihaknya menjadi anggota aliansi strategis : Grand Alliance (G.A).

Siapa juga yang gak bangga bisa bersanding dengan pemain global seperti NYK, OOCL dan Hapag-Lloyd (H-L), selain MISC. G.A merupakan pesaing berat The New World Alliance (TNWA) yang beranggotakan : APL, HMM dan MOL.

Kini setelah MISC undur diri, GA dan TNWA memilih berkongsi dan membentuk aliansi strategis baru : G6 diakhir tahun 2011 lalu. Hal ini sebagai antisipasi gerakan ekspansif Duo Besar, yakni MS dan CMA CGM yang mengawinkan supremasi generasi penerus.

MISC yang selama 5 tahun terakhir meradang dengan kerugian yang terakumulasi hingga rugi USD1,04 milyar, akhirnya memilih cabut dari basis operator kontainer. Pelayaran yang bermarkas di Kuala Lumpur (KL) ini mengharap ada pemasukan dari penjualan 10 unit kapal kontainernya.

Walau bisa mendapat suntikan dana sekitar USD 200 juta seandainya semua kapalnya terjual, tidak berarti MISClangsung pulih karena sektor biz energi yang digeluti juga menghadapi harga sewa yang cukup ketat dipasaran.

Biz LNG sejauh ini bagus, namun sektor inipun saat ini agak runyam akibat diberlakukannya sanksi Amrik terhadap ekspor minyak dari Iran. Namun hubungan baik dengan Petronas Gas Bhd dan akuisisi atas perusahaan Kanada, Progress Energy akan memberi nilai tambah kedepannya.

Setidaknya, biz kontainer tidak akan menggerogoti laju keuntungan yang kelak akan didulang oleh MISC kedepannya. Just wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar