Minggu, 22 Juli 2012

JT 220712 : BRIC Ambil Peran Dalam Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Walau kondisi ekonomi saat ini sulit diprediksi namun ternyata pasar potensil yang didominasi BRIC cukup berperan menjaga optimisme pasar, terutama untuk industri pelayaran berbasis kontainer.

Anggota "BRIC" yang terdiri dari Brazil, Rusia, India dan Cina, berhasil mendorong pertumbuhan volume sepadan 7 %. Di kuartal 1 - 2012 anggota BRIC menerima barang ex Eropa ke Timur Tengah dan India naik 729.297 TEUs ato meningkat 6,4 %.

Sementara itu, impor ke Eropa turun 0,9 % dimana sikon ekonomi di Spanyol dan Yunani turut mempengaruhi negara-negara di zona Euro, untuk tiarap sementara waktu dan ngga bisa jor-joran kayak dulu lagi, kecuali saat memeriahkan Piala Eropa kemarin.

Gambaran serupa diperlihatkan untuk jalur Eropa - Amerika Tengah dan Selatan meningkat 7,1 % sedangkan impor dari area ini ke Eropa menurun 0,3 %. Kontras banget khan.

Belum ada data statistik lebih detil yang bisa menggambarkan dan menjelaskan situasi diatas, namun sekali lagi BRIC mulai bakal diperhitungkan dunia. Kalo jeli, semua rute pelayaran bakal mengarah kesana loh ,,,

Take care and stay tune !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar