Sabtu, 07 Juli 2012

JT 070712 : BLT Ajukan Rencana Restrukturisasi


Kemelut belum juga mereda di tubuh BLT (PT. Berlian Laju Tanker), salah satu perusahaan pelayaran pengusung bendera merah putih yang tengah dilanda prahara. Apa saja yang tengah dilakukan ?

Sebagaimana dilansir media cetak, BLT tengah mengajukan berbagai rencana, yang paling dituntut adalah rencana restrukturisasi untuk memulihkan kepercayaan yang mulai menggerogoti reputas BLT bila terus menerus gagal bayar utang.

Di pengadilan Singapura, pihak BLT berhasil meyakinkan hakim sehingga mendapat perpanjangan waktu selama 3 (tiga) bulan kemuka, untuk membereskan urusan dengan para kreditornya, termasuk penyusunan program restrukturisasi detil.  

Perpanjangan waktu ini berlaku mulai tgl 02/07 namun pemegang saham memilih diam dan gak akan ambil tindakan hingga sebelum tgl 30/07. Sembari ngeliat perkembangan yang terjadi, dipikirkan opsi selanjutnya supaya BLT bisa tetap bertahan.

Pihak BLT menyebutkan rencana restrukturisasi mencakup perampingan organisasi dan pengoperasian armada kapal muda usia seperti fully stainless steel chemical tankers, disamping 8 takner gas dan 2 tanker minyak yang disewa untuk jangka panjang.

Bila di Singapura, pihak BLT berhasil meyakinkan institusi terkait, Namun di negerinya sendiri BLT menhadapai permasalahan yang semakin rumit. Pemegang obligasi dan sukuk BLT masih menunggu dalam suasana ketidakpastian menyusul status gagal bayar emiten perkapalan itu atas sejumlah instrument utang pada Februari lalu.

Yusuf, investor Obligasi III/2007 yang mewakili salah satu lembaga dana pensiun, meminta ketegasan Bapepam LK dan Departemen Keuangan untuk ikut menindak emiten yang tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Pasalnya, jumlah investor yang berasal dari dana pensiun cukup besar. Gatot Subadio selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) enggan menyebut jumlah dana pensiun yang terlibat dan nilai investasi yang ditanamkan.

Di setiap kesulitan menyimpan hikmah tertentu. Semoga. Rujukan sebelumnya baca JT 140512 : BLT Tuntaskan Sengketa Dengan Baik. JT 030512 : BLT Gagal Bayar Utang, FSL Tersungkur, JT 220312 : BLT Minta Jaminan & Berhasil, JT 060312 : BLT Angkat VP Restrukturisasi dan JT 040312 : BLT Masih Berkutat Dengan Restrukturisasi.

Sumber : STA, Bisnis Indonesia..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar