Senin, 09 Juli 2012

JT 090712 : MSC Beli 10 % Saham Crossrail


Ekspansi pelayaran satu ini, ngga cuma di lautan luas. Untuk memuluskan proses pengiriman barang ke wilayah pedalaman, khususnya yang ngga punya pelabuhan (hinterland) sangatlah vital bagi Mediterranean Shipping Co. (MSC).

Pelayaran terbesar ke-2 didunia - yang mengoperasikan kapal kontainer ini -  mengakuisisi 10 % saham perusahaan kereta api (KA) independen yang berbasis di Basel, Crossrail. MSC ingin mengamankan rute Swiss ke Antwerp, Belgia.

Selain MSC, ada juga Bertschi (bulk cargo intermodal service provider) yang juga mendapatkan porsi saham 10 % dari Crossrail. Pemegang saham Crossrail lainnya, Le Jeune Capital & Partners (20 %), LKW Walter (25 %); Hupac AG (25 %) dan GTS General Transport Service (10 %).

Apa sih kehebatan Crossrail ? Jarang yang tahu khan. Crossrail menyediakan berbagai layanan berbasis KA, mulai dari Swiss, Jerman, Italia, Belgia, Perancis dan Belanda. Ada 2 (dua) afiliasinya, yakni Crossrail Benelux NV dan Crossrail Italy.

MSC memiliki hubungan dekat dengan Le Jeune sejak tahun 2002 saat peluncuran intermodal service antara Duisburg – Antwerp yang dioperasikan Dillen & Le Jeune Cargo (DLC), atas nama dan untuk keperluan pabrik mobil BMW di Wackersdorf, Jerman. DLC akhirnya pecah kongsi dan berjalan masing-masing.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar