Selasa, 17 Juli 2012

JT 170712 : Lagi, Musibah Kapal MSC Di Lautan Atlantik

Belum lagi tuntas, musibah tenggelamnya kapal Rena di atas bebatuan karang Selandia Baru, sebelumnya diselingi upaya-upaya peyelamatan hingga kapal kontainer ini terbelah dua. Namun kontainer yang diselamatkan tetap menjadi prioritas.

Menurut laporan yang dilansir di dunia maya, sekitar tanggal 14/07 sebuah kapal kontainer berkapasitas 6.732 TEUs, MSC Flaminia terbakar di Lautan Atlantik dan menewaskan 2 (dua) orang awak kapal.

Kontainer diatas kapal (dugaan awal bermuatan bahan kimia) meledak saat kapal dalam perjalanan dari Charleston (Amrik) menuju Antwerp (Belgia), membawa 2.876 kontainer. Duapuluhtiga kru meninggalkan kapal saat kebakaran terjadi di bagian palka.

Kru kapal yang selamat sempat ditolong kapal tanker VLCC DS Crown, enam jam kemudian. Menurut media Containerisation International (CI), anak buah kapal yang selamat akhirnya dipindahkan ke kapal MSC lain (MSC Stella) yang tengah melintas di kawasan tersebut. 

Kapal berbobot 85.823 dwt dan memiliki panjang 299 meter ini mengalami ledakan didalam palka yang menyebabkan timbulnya kobaran api. MSC Flaminia sempat meminta pertolongan ke Falmouth Coast Guards namun karena lokasi ke jarak terdekat 1.000 mil ke darat, ya pasrah.

Berikut ini sejumlah catatan kelam yang dialam perusahaan pelayaran terbesar ke-2 didunia, Mediterranean Shipping Co. (MSC) : tahun 2007, kehilangan MSC Napoli (4.688 TEUs) di Selat Inggeris, diikuti insiden tabrakan yang melibatkan MSC Chitra (2.314 TEUs) dengan kapal bulker 33.113 ton di tahun 2010 di Kalkuta, India.

Yang cukup dramatis adalah kandasnya kapal Rena (3.037 TEUs) di Selandia Baru dan ada lagi, yakni kandasnya kapal Carole (4.437 TEUs) di area seputar Jakarta. Kini yang bakal menghebohkan, kejadian kapal Flaminia.

Ikuti perkembangannya dalam beberapa hari kedepan. Ikut prihatin. Harus syukuran dulu nih kayaknya ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar