Jumat, 06 Juli 2012

JT 060712 : Kuehne Usul HL Merger Dengan Hamburg-Sud


Pemegang saham individual di pelayaran terbesar Jerman Hapag-Lloyd (H-L), Klaus-Michael Kuehne, menyarankan agar H-L bisa digabung dengan Hamburg-Sud (H-S) untuk memperkuat posisinya menjadi kekuatan ke-4 terbesar didunia sebagai operator kapal kontainer.

Dengan kekuatan agregat 1,05 juta TEUs, gabungan antara H-L dan H-S bisa semakin kuat dibelakang Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Media riset Alphaliner melihat kemungkinan tersebut tipis kemungkinannya dan nyaris sulit diwujudkan.

Pasalnya, pemilik H-S, Oetker Group sebelumnya pernah ditawari usulan serupa namun ngga digubris. Saat ini H-S merupakan pemain ke-12 terbesar dan mengoperasikan 411.000 TEUs di seluruh dunia.

H-L sendiri mengoperasikan 642.000 TEUs. Saham H-L kini dikuasai oleh Kuehne dan HGV (afiliasi pemerintah kota Hamburg) dengan menguasai 77,9 % sementara TUI AG memiliki sisanya 22,1 %. Posisi H-L kini no. 6 dibelakang COSCO (RRCina) dan Evergreen (Taiwan).

Seperti diketahui, mulai awal 2013, TUI AG bakal melepas semua sahamnya dan cabut dari bisnis kontainer, serta sudah melepas 17,4 % ke pihak H-L bulan Juni kemaren senilai euro 475 juta. Alphaliner pesimistis dengan usulan Kuehne diatas.

Kita tunggu perkembangan selanjutnya saja, kadang si-kon industri maritim aneh bin ajaib.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar