Senin, 23 Juli 2012

JT 230712 : Evergreen Bangun Armada Kapal Ekspansif

Kalo semuanya berjalan lancar,seharusnya mulai bulan Juli ini pelayaran yang membawa bendera kebangsaan Taiwan, Evergreen mulai menerima kapal pertama dari total order 20 unit. Kapal dikelas ini akan terdiri dari 20 x 8.000 TEUs.

Evergreen menganggarkan USD 2,06 milyar dan menurut SinoShip News kapal-kapal baru ini akan dikirim secara bertahap, hingga tahun 2015 mendatang. Kapal kategori "L-class" ini dibangun di Samsung Heavy Industries (SHI), Korsel.

Selain order diatas, Evergreen juga memesan 10 x 8.000 TEUs dari galangan setempat CSBC Corp, dengan nilai kontrak USD 1,03 milyar. Ditambah lagi, perjanjian sewa dengan perusahaan yang bermarkas di Athena, Yunani yakni Enesel, guna membangun 10 x 13.800 TEUs. Kapal ini diorder di Hyundai Heavy Industries (HHI), Korsel.

Pembangunan besar-besaran yang dicanangkan oleh Evergreen bakal menghasilkan total armada hingga mendekati 200 kapal dan melewati jumlah kapal yang dimiliki pelayaran RRCina saat ini, COSCO Container Lines serta bakal menjadi pemain ke-4 besar dunia.

Tadinya, pihak Evergreen telah melakukan pendekatan dengan pihak Korea Infrastructure Investment Asset Management Co. Ltd. namun negosiasi buntu dan kedua belah pihak ngga bisa mendapatkan konsensus sehingga beralih ke opsi lain - demikian ungkap Taipei Times.

Bila program ekspansif Evergreen ini maujud di tahun 2015 maka penambahan 40 kapal dengan agregat 378.000 TEUs bakal menjadi salah satu pemain agresif setelah selama hampir 10 ahun lebih, Evergreen bertapa dan melihat sikon yang ada.

Wah bakal ada kompetisi ketat nih, kecuali diimbangi perbaikan perekonomian dunia sehingga semua slot yang dibangun bisa termanfaatkan dengan baik. Aamiin YRA.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar