Selasa, 31 Januari 2012

JT 310112 : Disain Kapal 9000 TEUs Tenaga LNG Disetujui DNV


Ini merupakan terobosan terdahsyat diawal tahun 2012, saat disain kapal kontainer 9.000 TEUs hasil karya galangan kapal Jepang, Kawasaki Heavy Industries (KHI) dan lebih lengkap lagi, sudah disetujui lembaga klasifikasi Norwegia, De Norske Veritas (DNV).

Stempelnya sih "approval in principle" dari DNV, artinya itu pengakuan. Kapal ini didisain dengan tangki LPG sehingga memberikan ruang lebih untuk muatan - demikian laporan ShipbuildingTribune.com.

Tangki bahan bakar berbasis LNG dan minyak diesel ini bakal ditempatkan di bagian tengah (forward superstructure) guna meminimalisir kehilangan potensi kargo. IMO (BLG) pun kini sedang menstudi kriteria disain kapal yang menggunakan bahan bakar LNG.

Dari sisi bisnis, inovasi apapun patut dihargai namun ada baiknya memahami situasi apa yang bakal dihadapi oleh pemilik kapal di kemudian hari karena pasti ada plus minusnya. Sekarang ini, minimal mendapat persetujuan dulu.


LNG yang disimpan dalam prismatic low pressure insulated tanks (type B) merupakan yang pertama kali dipakai untuk kapal segede kapal kontainer. KHI kabarnya mengadopsi teknologi unik yang disebut Kawasaki Panel System.

Pokoknya, itu kabar bagus dan operator selalu nyut-nyutaan mikirin isu bahan bakar yang fluktuatif dan bisa berpengaruh dalam pengaturan harga (pricing strategy) setiap pelayaran. Kedepannya, kapal bertenaga LNG akankah mendapat simpati di industri maritim ?

Nantikan perkembangannya secara simultan disini ya, Take care.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar