Kamis, 12 Januari 2012

JT 120112 : Drama Kapal Rena Di Selandia Baru

Ini adalah foto-foto dramatis saat kapal kontainer Rena (3.3.00 TEUs) terbelah dua diatas gundukan karang di Selandia Baru. Setelah 3 (tiga) bulan nongkrong dan dihantam ombak besar berulang-kali akhirnya Rena tenggelam jua.


Kapal berbendera Liberia dengan bobot 47.230 dwt mewariskan kecelakaan maritim terburuk dalam sejarah Negeri Kiwi. Sejumlah besar kargo - kayu, plastik, dan kantong susu bubuk - telah terdampar di pantai sejauh 60 km dari kapal, dan lebih dari 20 kontainer telah terdampar di sebuah pulau terdekat.


Sejumlah kawasan sudah diamankan oleh pihak berwajib tetapi berhubung area sebaran barang terpencar-pencar, ngga mustahil juga ada tindak penjarahan sebagaimana dialami MSC Napoli beberapa tahun silam.


Otoritas terkait melakukan sterilisasi di sekitar pelabuhan utama, Tauranga, dibantu oleh Angkatan Laut Selandia Baru. Oh ya, bencana ini telah menewaskan ribuan satwa, selain berhasil menutup kawasan wisata setempat. Hik hik hik.


Patut diketahui, Kapten kapal Rena dan petugas navigasi, berkewarganegaraan Filipina, telah didakwa mengoperasi kapal dengan cara yang berbahaya, dan melepaskan zat-zat beracun, sehingga didenda maksimal NZD 300.000 (£ 152.000), atau dua tahun penjara.


Kapal kontainer Rena dioperasikan oleh perusahaan pelayaran terbesar ke-2 di dunia, Mediterranean Shipping Co. (MSC). Rena disewa MSC dari pemilik aslinya Costamare Inc. dan pihaknya sudah minta maaf atas kejadian ini.


Setidaknya, setelah sekian lama bergelut dengan krisi, kapal Rena harus benar-benar beristirahat dengan tenang. Yang ngga tenang ya pemilik dan penyewa karena diatas kapal terdapat ratusan kontainer yang ngga sempat diselamatkan.


Singkat kata, upaya penyelamatan Rena melibatkan 13 kapal, buritan kapal hanya perlu waktu 30 menit sebelum tenggelam, kontainer yang diperkirakan hilang ada 250 unit sedangkan yang ikut tenggelam di bagian buritan ada sekitar 400 unit. Pfffuih, dahsyat.


Usaha penyelamatan masih lanjut terus karena walau 75 % kondisi kapal sudah tenggelam namun di sisa kapal yang 25 % - masih ada peluang dan harapan koq.  Maju terus pantang mundur ... selalu ada hikmah dibalik musibah.

Rujukan sebelumnya, JT 110112 : Buritan Kapal Rena Rusak, JT 030112 : Kapal Rena Akhirnya Terbelah Dua, JT 191211 : Regu Penyelamat Rena Diganggu Badai, JT 141211 : Cuaca Buruk Hambat Evakuasi Rena dan JT 051211 : Biaya Penyelamatan Rena > MSC Napoli.

Selanjutnya baca di JT 241111 : Evakuasi Rena Terkendala Cuaca Buruk, JT 231111 : Cafer Dede dan Rena Lakukan Evakuasi Kontainer, JT 071111 : Drama Rena – Kontainer Siap Dievakuasi,  JT 031111 : MSC Dibayangi Klaim Rena dan JT 281011 : Update - Minyak Rena Mulai Dipompa.

Info sebelumnya, JT 191011 : MNZ – Kapal Rena Ngga Pecah Koq, JT 171011 : Minyak Rena Dekati Pantai NZ, JT 151011 : Costamare Minta Maaf Atas Insiden Rena, JT 121011 : Akhirnya, Master Kapal Rena Ditahan, JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena dan JT 091011 : Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.

Semoga bermanfaat.

Sumber : The Guardian (termasuk kredit foto).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar