Senin, 02 Januari 2012

JT 020112 : LAN-TAM Merger, Jadi Maskapai Terbesar Di Amerika Latin


Perubahan-perubahan mendasar terus menggelora di awal tahun 2012. Seakan ngga ingin tertinggal dengan dinamika industri maritim, maskapai penrbangan regional di Amerika Latin pun menempuh hal serupa agar tetap bisa eksis.

Otoritas dan regulator penerbangan di Brazil, Cade, kabarnya menyetujui pengambil-alihan maskapai TAM oleh maskapai penerbangan Cile, LAN Airlines, dan selanjutnya menciptakan maskapai terbesar di Amerika Latin.

 
Hasil merger keduanya akan melahirkan LATAM (bukan LAN-TAM) Airlines Group. Menurut kantor berita Reuters, revenue kedua maskapai tersebut melebihi USD 10 milyar di tahun 2010 lalu. Performansi LATAM baru akan diaplikasikan per kuartal 1 tahun ini.

Maskapai Brazil ini berjuang keras saat berhadapan dengan tingginya harga bahan bakar dan kapasitas terpasang di tanah kelahirannya. Dan tantangan terberat pastinya dari kompetitor Gol Linhas Aereas (GLA).

Di tahun 2011, GLA muncul menjadi pemain utama di pasar domestik sehingga TAM memilih dipinang LAN. Untuk mengimbangi langkah LATAM kedepannya, GLA menggandeng Delta Airlines (Amrik) dengan menawarkan saham 3 %.

Wooow, persaingan di laut maupun udara semakin mengerucut saja dan semoga layanan menjadi lebih baik dan harga pun semakin terjangkau, bukannya malah timbul monopoli he he he ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar