Rabu, 04 Januari 2012

JT 040112 : COSCO & CSCL Perluas Space-Swap Agreement


Dampak susul menyusul dari pernyataan Maersk Line dengan kampanye Daily Maersk serta program kemitraan MSC dan CMA CGM, secara langsung maupun tidak langsung, merubah konstelasi kekuatan industri pelayaran global.

Kini, sejumlah aliansi strategis melebur membangun kekuatan digdaya guna mengimbangi satu sama lain supaya ngga kelibas, utamanya. Sebut saja, Grand Alliance (G.A) bersatu dengan The New World Alliance (TNWA) membangun aliansi G6.

Lantas, ada lagi CKYH yang mendekati Evergreen untuk membangun aliansi tanpa nama. Belum lama ini juga, terdengar santer bahwa Cosco tengah berasyik-masyuk dengan CSCL (China Shipping Container Lines).

Di rute Asia – Eropa (AE) inilah sejumlah nama besar bertaruh prestise dan prestasi. Sampai-sampai Cosco yang nota bene masih anggota CKYH juga menggandeng CSCL dengan melakukan solt-swap agreement tersendiri. Selingkuh ni ye ?

Kabar-kabar yang beredar sih, CSCL mo ditarik juga ke kelompok Green Alliance (sebutan lain dari aliansi CKYH), nantinya selain Evergreen Line juga akan melibatkan CSCL. Kebetulan yang digarap pun sama, rute AE dan Asia – Med (AM).

Manakah yang benar, kita ikuti terus dinamika pelayaran global yang tengah mencari jati diri dari guncangan krisis dewasa ini. Siapa memakan siapa ato siapa melebur dengan siapa nih ? Akuisisi ato merger ato kemitraan ?

Rujukan info terkait, silahkan baca : JT 291211 : CKYH Gandeng Evergreen Di Rute AME, JT 211211 : Aliansi G6 = G.A + TNWA, JT 081211 : CSAV Pilah Biz, Cari Partner Strategis dan JT 031211 : Kekuatan Lintas Generasi MSC + CMA CGM.

Apalah arti sebuah nama ...

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar