Selasa, 24 Januari 2012

JT 240112 : Lagi, Vinashin Gagal Bayar Utang

Pelayaran bermasalah asal Vietnam, Vinashin, dikabarkan untuk ke-3 kalinya gagal memenuhi kewajibannya membayar cicilan utangnya sebesar USD180 juta, sebagai akumulasi cicilan bulanan sebesar USD 60 juta.

Ceritanya gini. Di tahun 2007 lalu, pelayaran pelat merah negeri semata wayang ini memperoleh pinjaman senilai USD 600 juta dari sejumlah institusi, khususnya saat shipbuilder menghadapi kesulitan finansial untuk mempertahankan bisnisnya.

Desember 2010 lalu, seharusnya Vinashin mulai mencicil utangnya yang pertama USD 60 juta namun gagal dan kegagalan ini ternyata berlanjut ke cicilan selanjutnya, menggantung - sebagaimana dilansir media Bloomberg.

Saat ini, shipbuilder asal Vietnam ini diajukan ke pengadilan tinggi Inggeris Raya setelah si penghimpun dana Elliot Advisors LP yang juga salah satu dari 20 kreditor yang mengucurkan dana diantara USD 600 juta tadi, mempermasalahkannya secara legal.

Nah, bagaimana kelanjutan proses restrukturisasi di Vinashin dan grup, yang kini klepek-klepek menghadapi tumpukan hutang akibat mis-manajemen. Pffffuiiiiiih ribez juga ya. Stay tune.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar