Sabtu, 28 Januari 2012

JT 280112 : Restrukturisasi BLT Wajib


Kalo dibilang berita eksklusif, pastinya ada yang komentar, narsis amat sih lo, xi xi xi. Tapi kalo ngga disampein juga sayang, apalagi dibuang begitu aja. Jaman serba informasi gitu lho. Dipake syukur ... kalo ngga sih, kebangeten aja.

Perusahaan pelayaran asal Indonesia, PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLT), kini tengah bersusah payah melakukan upaya restrukturisasi setelah sahamnya di bursa Singapore Exchange (SGX) ditunda minggu ini akibat isu “debt standstill”.

Demikian juga bursa di tanah air, Indonesia Stock Exchange (IDX) melakukan penghentian perdagangan sementara hingga ada kabar lebih lanjut. Kabarnya, semua pembayaran utang ditunda oleh BLT sebagai bagian dari program restrukturisasi.

Pihak BLT akan segera menunjuk financial advisor yang akan membantu proses restrukturisasinya. Namun saat dikonfirmasi berbagai media perihal kejelasan isu diatas, ngga ada satu pun pejabat BLT yang bisa dimintai keterangan.

Poinnya, Februari 2011 BLT mendapatkan fasilitas pinjaman USD 685 juta dari konsorsium 6 (enam) bank, terdiri dari : DNB Bank, Nordea Bank, Standard Chartered Bank, ING Bank, NIBC dan BNP Paribas.

Juru bicara DNB Bank menjelaskan, memahami betul si-kon yang ada saat ini dan untuk itu mengedepankan upaya rekonsiliasi melalui restrukturisasi agar roda bisnis kembali berjalan dan cicilan utang pun bisa berjalan lancar. Utang tetap utang dan harus dibayar.

Langkah apa saja yang akan ditempuh, semua pihak belum ada yang berani membeberkan kecuali siap memantau perkembangan yang ada. Yang pasti, bila ingin aman, lakukan restrukturisasi dan pantau hasilnya. 

Bukan jaminan mutu tetapi ada itikad baik untuk mencari solusi. Ya ngga ? Are you ready ?

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar