Minggu, 15 Januari 2012

JT 150112 : Hyundai Confidence Bertabrakan Dengan Pacific Carrier


Moga-moga ngga basi walau sudah hampir sebulan lalu. Namun karena kelalaian kami disini sehingga berita ini terlewat begitu saja, mohon maaf. Minimal sebaiknya kita tahu. Itu pesan yang ingin disampaikan. Maaf ya beribu maaf.

Tanggal 14/12/2011, kapal kontainer Hyundai Confidence (milik Hyundai Merchant Marine) bertabrakan dengan capesize bulk carrier, Pacific Carrier (Sinokor), di Kwangyang, Korea Selatan. Sesama Korea dilarang mendahului ‘loh.

Pacific Carrier yang bermuatan batubara, sedang dalam perjalanan dari Indonesia menuju Korea Selatan sedangkan Hyundai Confidence masih bertugas di servis CM4 (Asia – Middle East) saat tabrakan terjadi.

Pacific Carrier mengalam kerusakan serius di palka 5 dan 6 sedangkan kapal Hyundai Confidence  rusak cukup parah dibagian depannya (silahkan lihat foto – hasil jepretan saksi yang melihat langsung, namanya Andrey, thanks a lot).

Detil kapal sbb : Hyundai Confidence IMO 9254848, bobot : 68.020 dwt, kapasitas : 5.605 TEUs, dibuat tahun : 2003, bendera : Panama, operator : Hyundai Merchant Marine (HMM). Pacific Carrier IMO 8417637, bobot : 146.939 dwt, dibuat tahun : 1986, bendera : Korea Selatan, operator : SINOKOR. 

Siapa yang salah, masih dalam investigasi pihak berwenang. Semoga bermanfaat dan untuk melengkapi dokumen catatan musibah di laut dari waktu ke waktu. Ini jelas, bukan basa-basi. Have a good day.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar