Sabtu, 23 Juli 2011

JT 230711 : Pasukan India Amankan Kawasan Teluk Aden

Contoh bagus bsgi negara lain, yang hingga saat ini masih berkoar-koar mau membantu tapi ya gitu deh. Sepi. Lain lagi dengan aksi pasukan angkatan laut India yang dikabarkan banyak menyelamatkan kapal komersil dari gangguan para perompak.

Contoh terakhir, saat kapal bulk komersil berbendera Yunani, V. Elinakos (63.593 ton) diserang perompak bersenjata lengkap asal Somalia di Teluk Aden (antara Yaman dan Somalia) namun berhasil dihalau.

Para perompak langsung meletakkan senjata berat jenia AK-47 dan peluncur roket RPG, saat melihat rombongan patroli kapal perang India yang dibuntuti helikopter bersenjata, INS Godavan (3.810 ton). Koq bisa tahu bakal ada serangan ?

Rupanya, kapal serbaguna ini sempat mengirim pesan, saat mengurangi kecepatan ketika dalam perjalanan dari singapura ke Italia via Terusan Suez. Kapal perang India yang saat itu ditemani kapal patroli Jerman, Niedersachsen, langsung meluncur ke lokasi. Cepat tanggap khan ?

Saat pertama menjadi kapal patroli di kawasan rawan perompakan tersebut, INS Godavan dikabarkan telah mengawal 219 kapal niaga dan ini catatan penting serta tugas mulia suatu negara dalam memerangi aksi perompakan di lapangan, langsung. Ngga kebanyakan ngomong.

Patut diacungi jempol, two thumbs up !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar