Sabtu, 16 Juli 2011

JT 160711 : Pelayaran Global Makin Dominan

Bukti nyata bahwa pelayaran besar mendominasi indusri maritim semakin jelas dan menyisakan sedikit ruang saja bagi pelayaran kecil untuk bertumbuh-kembang - demikian menurut konsultan industri Alphaliner.

Di bulan Juli ini  sebagai contoh - pelayaran global yang termasuk dalam Top 20 mempunyai 84 % pangsa pasar industri kontainer dunia dan sebelumnya, ngga pernah yang namanya 20 Besar dunia melalap habis pangsa pasar sekemaruk ini. Gede banget Bro'.

Menurut statistik Herfindahl Index, Top 20 mendapat rating 6,2 berbanding rating 3,6 ditahun 2000 lalu. Bayangkan, hanya berselang 11 tahun saja, tetapi seakan peradaban industri maritim sedemikian drastis perubahannya.

Walaupun pangsa pelayaran global sempat terusik selama periode krisis keuangan tempo hari diantara tahun 2009 - 2010. Tapi dalam kurun waktu 12 bulan saja, Top 20 berhasil mengambil porsinya kembali, malah kelewat gembul deh he 3x.

Di saat tersebut, Top 20 berhasil menambah kapasitas hingga 12 % berbanding dengan industri serupa pada umumnya yang bertumbuh hanya 9 % saja. Malah korban yang cukup fatal dialami The Containership Company (TCC) dan Yanghai Shipping Co. (YSC Line).

Mereka rontok dihajar kompetisi yang ketat dan hanya dalam seumur jagung alias kurang dari 2 tahun saja. Emang umur jagung segitu ? Cuma istilah Bro', ngga usah dibahas detil ya. Top 20 adalah istilah, pelayaran besar dunia yang menduduki ranking 1 s/d 20 diantara 100 operator dunia.

Mirip pepatah tanah air, patah tumbuh hilang berganti. Artinya, selain ada yang gugur pastinya ada ganti di sisi lain. Duo pelayaran RRCina yang ngebet dan ambisius kini tengah menjajal ketatnya persaingan, yakni : Hainan Pan Ocean Shipping (H-POS) dan Grand China Shipping (GCS).

Yang cukup mengejutkan, munculnya pelayaran baru dari Taiwan, TS Lines (TSL). Muncul sebagai new-comer Top 100 pemain kontainer di tahun 2003, kini kabarnya masuk Top 30 dunia dan kebetulan baru aja merayakan hari jadinya yang ke-10 tanggal 06/07 lalu. Happy anniv' ya.

Begitulah pergulatan dan potret industri maritim dunia, khususnya operator kontainer yang tengah menjajal dunia. Urutan Top 100 akan diunggah dalam waktu dekat, supaya ngga banyak bertanya apa dan siapa sih, lantas kenapa begini kenapa begitu.

Stay tune.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar