Rabu, 13 Juli 2011

JT 130711 : PSA Kelola Pelabuhan Kuba

Kuba merupakan salah satu negara yang hingga kini sulit dikuntit perkembangan ekonominya, saking sempitnya ruang bebas bagi wartawan/wati untuk mengekspresikan kata-katanya dalam melaporkan liputannya.

Kini, lambat laun sang diktator Fidel Castro lengser menyerahkan kekuasaannya kepada keluarganya juga dan bisa menganggap Kuba adalah warisan keluarganya, sehingga gak semua orang bisa memimpin Kuba tanpa restunya he 3x ...

Kabar terkini menyebutkan bahwa operator pelabuhan dunia asal Singapura, PSA International menorehkan persetujuan untuk mengelola salah satu pelabuhan di Kuba, namanya Mariel. Ini merupakan pelabuhan kontainer.

Saat ini, pelabuhan ini dalam tahap pembangunan dan bagian dari rencana pengembangan Mariel Bay, sekitar 45 kilometer dari Havana, ibukota Kuba. PSA berharap pelabuhan ini bisa beroperasi sekitar tahun 2014 mendatang.

Mariel Terminal bakal memiliki kapasitas 850.000 hingga 1 juta TEUs per tahun. Dermaga yang dibangun sepanjang 700 meter dan dapat meng-handle kapal dengan draft hingga 15 meter. Ya, untuk pemula, bagus banget.

Kedepannya, pelabuhan Mariel akan dikembangkan menjadi pusat fasilitas logistik untuk eksplorasi minyak dan gas, disamping akan dibangun Special Economic Development Zone untuk industri ringan, disamping sebagai pelabuhan kontainer.

Congrats deh. Buka mata, buka telinga, Kuba mulai menggeliat.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar