Kamis, 07 Juli 2011

JT 070711 : Pelayaran & Juragan Kapal Tetap Bangun Armada Ka-ge

Entah menjadi kebutuhan ato karena terpancing gengsi juga. Semakin banyak aja pelayaran (carrier) dan juragan kapal (owner) yang membuat kapal gede (ka-ge) walau kondisi pasar, dipastikan akan kelebihan pasok (over-supply).

Juragan kapal Jerman, Peter Dohle merupakan pemesan terakhir yang diindikasi membangun ka-ge dan sudah menandatangani letter of intent (LOI) 8 x 10.000 TEUs dari galangan kapal RRCina, Yangzijiang Shipbuilding.

Media International Freighting Weekly (IFW) menyebutkan tumbuhnya order-order megabox di rute jarak jauh, untuk mengurangi biaya operasional supaya lebih hemat. Sederet nama besar yang sudah memesan ka-ge : Seaspan, Hanjin Shipping (HJS), NOL dan Rickmers Maritime.

Seaspan memesan 10 x 10.000 TEUs dengan opsi tambahan 18 unit lainnya, dengan nilai total USD 2,5 milyar. Sementara itu, HJS mengorder 5 x 13.000 TEUs seharga USD 850 juta namun tidak disebutkan galangan yang mendapat order HJS.

Ka-ge yang juga dikategorikan sebagai ultra large containerships (ULCS) diminati pelayaran-pelayaran global dengan alasan skala ekonomis. Efeknya dua sisi, bila berhasil bisa melindas kompetitor, bila gagal bersiaplah dengan krisis finansil internal.

Lantas ada sederet nama lain yang juga berangsur-angsur mengikuti sang pendahulu karena bila tak beradaptasi betul-betul bisa dilibas sang lawan. Waspadalah karena persaingan benar-benar bakal menggila !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar